RSS

Kuantum Sejarah

14 Jul

Kenikmatan tersendiri jika diberi kemudahan untuk menelisik kembali tempat-tempat yang dulu mungkin pernah disinggahi. Sebuah keberkahan jika hari ini manusia masih diberikan kesempatan untuk sedikit mereka ulang sejarahnya, untuk mengambil hikmah terbaik atas semua yang telah terjadi. Bersyukurlah dahulu…

Setiap orang tentu pernah melakukan berbagai hal di masa lalu. Ada seorang manusia yang ternyata telah ditaqdirkan Allah sejak awal kehidupannya selalu mendapat hidayah dan pemahaman, sehingga hampir semua aktivitas yang telah dilakukan selama ini adalah aktivitas yang banyak memberikan dampak positif baginya, tentu saja ini sangat sedikit. Karena tabiat manusia yang sering lupa dan berbuat kesalahan.

Namun tidak semua mempunyai episode sejarah sebaik uraian di atas. Masih banyak manusia yang justru terseok-seok di masa lalunya, merasa tidak bisa berbuat banyak, bahkan untuk dirinya sendiri. Diantara mereka, ada yang sukses bertahan dan akhirnya menjadi pemenang dalam pertandingan abadi menuju kebangkitan hidupnya. Mereka mengambil pelajaran terbaik atas segala kesalahan yang mereka lakukan, kembali menyusun puzzle masa depannya, dan akhirnya komitmen dan konsistensinya berbuah manis.

Diantara manusia yang terseok-seok di masa lalunya, ternyata masih banyak juga yang menyisakan luka mendalam, lukanya menyebabkan penyakit, karena terlalu “menikmati” sakitnya, bukan mendapat obat terbaik, justru membuatnya lumpuh dan tidak bisa berbuat banyak, putus asa dalam kegelapan. Inilah tipe manusia yang gagal mengarungi samudera tantangan hidupnya.

Inilah yang dimaksud keberhasilan menikmati sejarah. Seorang manusia yang beruntung adalah manusia yang berhasil membuat hari esok berlipat-lipat lebih baik dari hari yang telah dilewati. Ukurannya memang bukan hanya sisi material. Menempuh kesuksesan dapat dilakukan salah satunya dengan memberanikan diri membuka gudang masa lalunya, mengambil barang-barang berharga yang sekiranya masih bernilai, membawanya ke luar gudang, dan mulai menggunakannya untuk bahan dasar aktivitas di masa depannya.

Tidak semua orang bisa selamat kembali ke luar gudang ketika mereka memutuskan untuk memasukinya. Mereka terlalu shock dengan sekian banyak hal yang memuatnya terkapar saat ini. Sehingga ia memutuskan untuk mengunci rapat-rapat gudang  masa lalunya dan berniat tidak akan membukanya sama sekali. Fokus kepada lembaran baru yang akan dihadapi, dan mulai menyusun kembali kepingan masa depannya. Tentu ini bukan pilihan yang salah.

Tetapi, ada juga yang begitu luar biasa. Dia mampu menyarikan segala peristiwa yang telah terjadi pada masa lalunya. Mengambil sekian banyak nilai-nilai yang akan membuatnya semakin kuat sebagai bekal energy untuk melakukan lompatan-lompatan masa depan. Inilah yang dimaksud dengan kuantum sejarah. Mengambil sebaik-baik nilai masa lalu dan menggunakannya sebagai senjata ampuh untuk meraih prestasi terbaiknya. Beranikah Anda menatap sejarah ?

Tetap Semangat..!

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on July 14, 2010 in Bijaksana

 

One response to “Kuantum Sejarah

  1. finarukawa

    September 8, 2010 at 4:04 pm

    yo.. tetep semangat mas dimas!
    udah lama ga mampir kesini.. hhe 🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: