RSS

Nggo,,,Jepang Nggo..!

20 Sep

Salah satu kisah menarik yang dapat diabadikan dalam kesempatan KKN kali ini adalah kunjungan dari beberapa mahasiswa Jepang ke tempat KKN kami. Kisahnya bermula, dari kesuksesan kami semua menyelenggarakan Coconut Expo, sebuah terobosan singkat untuk memperkenalkan potensi pengolahan kelapa kepada khalayak umum.

Beberapa saat setelah penutupan acara tersebut, ternyata ada kabar gembira dari pembimbing, bahwa beberapa mahasiswa Jepang yang ada di kampus akan mengunjungi tempat KKN, entah kenapa?? Mungkin hanya sekedar tertarik, atau iseng karena mereka semua sedang liburan di Indonesia. Beberapa waktu kemudian, akhirnya dipastikan, aka nada 6 mahasiswa Jepang yang datang.

Beberapa persiapan untuk menyambut beberapa mahasiswa tersebut pun akhirnya dibuat. Dimulai dari pemilihan guide, mahasiswa yang bisa berbahasa jepang.Kebetulan ada seorang temen yang pernah “kesasar” di Hirosima, jadinya cukup mudah kami berkomunikasi. Sekaligus dibantu co-assistant yang kualitas bahasa jepangnya paling hebat, minimal dibanding kita-kita..Selain itu, kita juga nyiapin jadwal acara kunjungan,biar keliatan professional gitu..

Hari pertama kunjungan dimulai dari penjemputan di kampus, sejak awal memang waktu penjemputan siang hari dan belum sempat makan siang. Mahasiswa jepang ni, ternyata suka banget sama mie goreng dan bakso. Kami pun beli bakso buat mereka, untung aja puasa…klo ga puasa..udah tekor kali ya LPPM..he..he,,Kebetulan beli baksonya di deket kampus, padahal rombongan jepang ni, pada naek mobil…jadi sambil menunggu bakso, mereka disuguh makanan tradisional.

Disinilah cerita-cerita konyol ini dmulai. Panitia dengan bangga menyajikan makanan khas setempat. Makanan yang khas, sekaligus paling mudah mendapatkan, murah lagi… PUKIS. Bisa aja pukis ni kaya dorayaki, kita semua deg degan ketika mereka makan pukis pertama kali, takutnya pada ga mau…ehhh,ternyata..merka semua pada doyan sama pukis. Terhitung beberapa piring penuh pukis akhirnya habis juga sama mereka..wealah..ternyata japanesse ni kesetanan sama pukis…okelah..bangga kita semua akhirnya.

Tidak berhenti disini, ada cerita yang patut dicontoh dari mereka. Walaupun masih muda, ternyata ada diantara mereka yang doyan merokok. Setelah makan siang, ada yang tak tahan buat menghisap…dua diantara 4 laki-laki jepang itu keluar dari rumah menuju halaman. Disana mereka mulai melakukan hobi dengan tembakau. Tiba-tiba, ada anak kecil yang datang kea rah mereka. Dengan sangat cepat, terlihat mereka begitu panic. Entah kenapa, kita piker sih mereka kelupaan sesuatu, ternyata…mereka berdua sibuk mencari asbak pribadi yang mereka simpan di sakunya., wouw…dengan sangat cepat mereka segera mematikan rokoknya di asbak portable tadi…wuih…ni keren banget ya… Walaupun mereka tahu rokok, tidak bagus, paling tidak mereka sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan orang lain, yang tidak punya aliran yang sama dengan mereka terkait rokok… cool..!

Perjalanan ternyata masih panjang, kebetulan sore itu hujan mengguyur Tersan Gede. Aktivitas terhenti beberapa waktu karena terhalang hujan. Begitu hujan selesai, ternyata kita semua sepakat untuk berjalan, mengunjungi beberapa markas temen-temen KKN yang lain. Ada satu lagi yang patut ditiru nih. Ketika akan berangkat menuju markas lain, mereka ditawari untuk naek motor bersama kita…Ternyata mereka menolak. Kenapa? “Belum punya SIM”, jawab mereka. Ternyata mereka berenam adalah murid yang sangat patuh. Sensei mereka melarang untuk naek motor walaupun dibonceng jika belum punya SIM. He..he…menarik. Akhirnya kita semua jalan juga… lewat sawah. COCONUT ATTACK!! Watch Out…

Tibalah kami di salah satu markas (baca:sub unit) anak KKN. Kita semua saling berkenalan dan “dingin”. Kita Cuma bisa bilang, his name is blablabla san and blablabla san. Merekanya juga ga bisa bahasa inggris sih, jadinya harus banyak menggunakan bahasa isyarat, he..he lucu. Tiba-tiba hujan mengguyur lagi. Kami memutuskan untuk menuju markas ketiga. Syukurlah, tepat waktu…begitu masuk, kita kenalan dengan pemilik rumah yang sedikit “menarik”. Sempat juga beberapa menit, bermain kendang sunda bareng Aa’. Beberapa diantara mereka kayaknya kecapekan, tidur deh… cerita disingkat aja, sampai mereka bangun.

Kurang lebih jam 5 sore, akhirnya mereka bangun.. empunya rumah kayaknya begitu welcome dengan kedatangan temen-temen jepang nih, dibuatkannya mereka the hangat dan pisang goreng. Mikirnya kita sih, mereka ga akan suka…lagi-lagi kita tertipu. Wouw..pisang gorengnya habis…mereka bilang oumay..oumay… welewh…untuk kedua kalinya mereka kesetanan makanan Indonesia… PISANG GORENG!!! Yang satu ni, bener-bener menghipnotis perut mereka, tunduklah akhirnya mereka semua dengan pisang goreng buatan Pak “ehm..ehm”(sencored).

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on September 20, 2010 in Kisah

 

2 responses to “Nggo,,,Jepang Nggo..!

  1. nad

    September 22, 2010 at 2:56 pm

    semua laki-laki jepang ngerokok, kayaknya. hanya sebagian kecil perempuan jepang yg ngerokok. tapi ga aneh.
    dan semua orang minum.

     
  2. dimasagil

    September 23, 2010 at 8:57 am

    tapi menampar banget ya nad..selama ini cuma dapet cerita, sekarang malah lihat sendiri…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: