RSS

Sekilas 1G to 3G

09 Mar

Teknologi seluler adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam perkembangan teknologi secara umum. Dimulai dari penemuan radio oleh Marconi, hingga akhirnya riset dalam laboratorium Bell yang menghasilkan telepon dengan kabel untuk yang pertama kalinya (wire telecommunication).

Teknologi telekomunikasi terus berkembang hingga akhirnya ditemukan kembali teknologi mutakhir tanpa menggunakan kabel (wireless telecommunication). Telekomunikasi wireless yang pertama kali, dikenal sebagai 1G (first Generation). Pada komunikasi model ini, masih menggunakan cara analog. Teknologi awal ini hanya melayani komunikasi suara. Beberapa keluaran yang termasuk dalam periode ini diantaranya adalah NMT, TACS, dan AMPS. Teknologi ini bertahan hingga tahun 1990.

Seiring bertambahnya jumlah pengguna telekomunikasi, didorong pula oleh keinginan untuk memprbaiki kualitas, menambah kapasitas, serta kehandalan, maka diupayakan kembali teknologi generasi kedua yang disebut 2G. Beberapa teknologi yang dikenal pada periode ini adalah GSM dan CDMA. Masing-masing menggunakan cara yang unik dalam menggnakan frekuensi yang tersedia untuk melayani para pengguna. FDMA, TDMA, dan CDMA.

Dengan menggunakan teknologi 2G beberapa layanan suara mengalami peningkatan kualitas. Kehandalam jaringa pun mulai dirasakan akibat peningkatan penggunaan tekologi lain, diantaranya teknik modulasi.

Kebutuhan pengguna semakin hari semakin bervariasi, menyesuaikan pula dengan pola hidup yang semakin mobile. Oleh karenanya, diperluka kembali teknologi yang sanggup melayani kebutuhan mobilitas pengguna. Selain itu, kebutuhan akses data yang dibarengi dengan peningkatan jumlah aplikasi informasi, membuat teknologi semakin bergeliat.

Diluncurkanlah kemudian teknologi baru yang setara dengan 2.5 G dan 2.75 G yaitu GPRS dan EDGE. Masing-masing memiliki supporting yang cukup bagus terhadap kebutuhan data para pengguna. Hanya saja, kecepatan transmisi data diantara keduanya yang membuat berbeda.

Kebutuhan akan akses data semakin waktu semakin bertambah. Kebutuhan yang terjadi selain dikarenakan oleh banyaknya aplikasi yang tersedia, juga dikarenakan keinginan untuk mendapatkan transmisi data yang berkecepatan tinggi. Mulailah kemudia dikenalkan teknologi baru yang sanggup melayani kebutuhan jumlah dan kecepatan data, yaitu 3G.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 9, 2011 in Telekomunikasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: