RSS
Gallery

Menemukan Modal Usaha:dimana?

27 Sep

Modal merupakan perihal yang penting dalam dunia usaha. Modal memegang peran yang besar karena berkaitan dengan core dari usaha yang akan dijalankan. Modal sering kali diartikan sebagai suatu bentuk materi yang akan digunakan dalam dunia usaha. Namun demikian, pada dasarnya dalam mendirikan usaha modal materi bukanlah satu-satunya modal yang harus dimiliki oleh banyak pihak pelaku usah.

Beberapa modal non materi yang juga harus dipenuhi bagi pelaku usaha diantaranya adalah modal mental dan etos kerja yang mumpuni. Dalam dunia usaha, mendapatkan kegagalan memang bukan pilihan semua orang, hanya saja tantangan demi tantangan yang akan dilewati oleh pelaku usaha juga tidak sedikit, sehingga diperlkan kesiapan yang prima.

Selain itu, moda non material yang harus diupayakan adalah strategi pengelolaan barang/jasa yang akan dipasarkan. Dengan memiliki modal berikut, maka seorang pelakau usaha sudah menentukan capaian-capaian yang bisa diperoleh sebagai target usahanya. Modal non material lainnya adalah relasi dan kemampuan komunikasi. Bertemu dengan banyak klien tentu saja membutuhkan skill khusus untuk berkomunikasi sehingga relasi akan semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Setelah semua modal non material sudah dirasa cukup, maka pelaku usaha memulai untuk menentukan modal material yang kan digunakan. Tidak semua orang memiliki banyak materi sehingga bisa melakukan pembukaan usaha dengan cara yang mudah. Untuk memenuhi tujuannya mendirikan usaha, maka seorang pelakau usaha bisa mengoptimalkan beberapa pilihan alternatif untuk mendapatkan modal material, diantaranya:

1. Perbankan

Modal yang diperoleh dari perbankan biasanya berwujud pinjaman. Bank akan memberikan pinjaman kepada pelaku usaha yang memang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan kredit dari Bank yang bersangkutan. Perlu diingat, bahwa pinjaman yang diberikan bank tentu saja memiliki konsekuensi bunga yang harus ditanggung oleh pelaku usaha.

Alternatif lain yang bisa diambil untuk melakukan pinjaman usaha bisa memilih bank atau lembaga keuangan yang mempunyai sistem bagi hasil. Dengan demikian, pelaku usaha tidak perlu takut akan bunga yang terus menumpuk, melainkan justru memacu untuk bekerja keras sehingga bisa membagi hasil usaha hingga pinjaman lunas.

2. Investor

Modal yan cukup banyak bisa juga diperoleh dengan menggaet investor untuk turut serta berinvestasi dalam usaha yang akan dilakukan. Investor akan memberikan modal kepada pelaku usaha dan proses pembagian keuntungan bisa dilakukan berdasarka kesepakatan aturan hukum yang berlaku.

3. Koperasi

Prose perolehan modal bisa dilakukan dengan pinjaman kepada koperasi yang bersedia memberikan pinjaman.

4. Menjadi Agen Produk/Jasa

Untuk menjadi agen dari suatu produk tertentu, biasanya pelaku usaha merupakan kepanjangan tangan dari produsen resmi suatu produk. Biasanya pelaku usaha hanya menyediakan tempat untuk melakukan usaha sekaligus bertanggung jawab atas usaha yang dilakukan. Selanjutnya, proses pembagian hasil usaha dilakukan dengan pemberian batas minimal dari produsen, sedangkan sisanya merupakan hal agen untuk mengolah produk dan mengambil keuntungan darinya.

5. Menjadi binaan dari suatu BUMN atau Lembaga

Untuk lebih memudahkan proses usaha, maka bisa juga diambil pilihan untuk mendaftarkan usaha atau rencana usaha yang dibuat kepada BUMN atau lembaga terkait. Dengan demikian, pelaku usaha akan mendapatkan modal dari BUMN atau lembaga tertentu sehingga bisas tetap melakukan core usahanya. Dalam praktiknya, modal usaha tersebut bisa dikembalikan seiring dengan laba usaha yang diperoleh dari penjualan.

6. Membuat Proposal Usaha Layak Jual

Alternatif ini merupakan cara yang cukup berkembang akhir-akhir ini mengingat animo pemerintah dan masyarakat kepada dunia usaha yang melonjak grafiknya. Secara pribadi atau kelompok, suatu anggota masyarakat bisa membuat proposal yang berisi rencana usaha dan didaftarkan pada suatu event tertentu sehingga mendapatkan pembiayaan dengan syarat-syarat yang telah disepakati.

Tapi jangan lupa juga..selama masih di dunia juga mencari modal untuk akherat kelak..percuma kan,sukses di dunia tapi di akherat di rebus juga..oke choy…^__^

Advertisements
 
3 Comments

Posted by on September 27, 2011 in Celoteh

 

3 responses to “Menemukan Modal Usaha:dimana?

  1. hidatte

    November 15, 2011 at 6:46 am

    wah, tampilan baru nih
    mending mencari mitra aja, mas dim
    ntar bagi hasil. insyaallah halal 😀

     
  2. dimasagil

    December 5, 2011 at 11:08 pm

    mitranya kamuya dika…gimana???

     
  3. hidatte

    December 16, 2011 at 9:34 pm

    wah, usaha sya jg belum gede mas dim. mending mitra-an sama usaha2 yg udah berkembang gitu…
    emang mau bikin usaha apa mas dim?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: